Paling Gacor! Tips Merawat Burung Kacer Terbaik

Burung kacer adalah burung yang memiliki perawatan cenderung cukup mudah. Nantinya memang tidak akan ada perawatan khusus yang membuat kita jadi bingung untuk merawatnya. Selain itu tidak akan ada berbagai macam perawatan mahal yang wajib dilakukan. Intinya semua orang bisa memelihara kacer asalkan dengan cara yang paling tepat. Lalu apa saja perawatan yang harus kita lakukan dalam memelihara kacer kita?


Untuk tips memelihara burung kacer pertama yaitu dengan cara membedakan jenis kelamin sang kacer terlebih dahulu. Tentu saja antara kacer jantan dan betina memiliki kualitas kicauan yang sangat berbeda. Disini kacer yang sangat baik digunakan sebagai burung kicauan tentu saja yang jantan. Mereka tergolong punya kicauan keras, melengking dan sangat bagus dibandingkan betinanya.

Jangan lupa kasih makanan dan minuman yang tepat. Makanan tentu saja merupakan hal yang sangat penting. Kita tidak bisa memberikan makanan sembarangan apalagi yang kita pelihara disini merupakan burung kicauan. Nantinya makanan yang harus kita berikan merupakan makanan yang dapat membuat kacer peliharaan kita memiliki suara yang bagus. Perhatikan juga minuman yang tepat.

Bersihkan juga kandang kacer peliharaan kita. Kandang kotor adalah salah satu alasan kenapa burung peliharaan sering sakit atau bahkan mati. Untuk menghindari kacer kita terkena penyakit atau kotoran, maka kita harus bisa membuat kandang kacer peliharaan jadi lebih bersih. Jangan lupa membersihkan semua bagian kandang karena bisa saja banyak bagian kandang yang harus dibersihkan semua kotorannya.

Tips merawat burung kacer selanjutnya yaitu dengan memandikan dan menjemur kacer kita. Tentu saja tujuan memandikan kacer adalah supaya jadi lebih bersih. Sama saja seperti membersihkan kandang supaya terhindar dari penyakit. Jangan lupa juga untuk dijemur. Proses penjemuran memang dianggap sangat baik buat burung peliharaan kita. Menjemurnya bisa secukupnya saja.

Anda juga harus memberikan pemasteran terhadap kacer peliharaan. Pemasteran ini sendiri merupakan fase dimana kita akan melatih kacer kita supaya punya suara yang lebih baik dari sebelumnya. Dalam melakukan proses pemasteran ini nantinya sangat disarankan memakai burung dari jenis lain. Burung dari jenis lain sendri akan membuat kicauan kacer peliharaan kita menjadi lebih hebat dari sebelumnya.

Tempatkan juga kacer dalam wilayah yang kondusif. Umumnya banyak kacer yang kicuannya buruk bahkan tidak mau berkicau sama sekali. Hal ini bisa terjadi karena mereka mengalami stress. Stres ini yang harus kita hindarkan supaya tidak terkena pada kacer kita. Salah satu menghindari stres pada kacer peliharaan kita tentu saja dengan menempatkan di tempat yang kondusif, tidak berisik dan tidak mengganggu.

Sebelum jadi gacor, kita perlu menjinakan burung kacer dahulu. Tentu saja karena nantinya akan kita latih, maka harus kita buat jinak terlebih dahulu. Untuk membuat jinak sendiri tentunya bisa dilakukan dengan cara melakukan interaksi terhadap kacer kita. Apalagi kalau itu adalah kacer baru yang masih belum mengenal kita. Jadi dekatkanlah diri Anda dengan kacer peliharaan dahulu.

Dalam memelihara ini Anda juga harus bisa menjaga suhu tubuh. Ada kalanya kita harus mengerubungi kandang kacer dengan baik. Hal ini wajib dilakukan terutama saat suhu sedang dingin supaya kacer tidak kedinginan.

Terakhir Anda harus sering mengadu dengan kacer lainnya. Tentu saja supaya bisa mengetahui sejauh mana kicauan dibandingkan kacer lainnya. Itulah bahasan mengenai tips atau cara dalam merawat burung kacer. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *